Persyaratan Nikah Siri Dalam Agama Islam Agar Sah

Persyaratan pernikahan Siri sehingga pernikahan itu sah di mata agama

syarat nikah siri

Kebanyakan orang ingin merayakan pernikahannya, sebarkan berita bahagia, dan menunjukkan legalitas mereka sebagai suami dan istri. Namun, beberapa orang benar-benar ingin menutup pertemuan pernikahan mereka dan memilih untuk Nikah Siri. Pernikahan Siri itu sendiri adalah pernikahan yang dirahasiakan dan dilakukan hanya berdasarkan aturan agama atau bea cukai.

Pernikahan biasanya tidak diumumkan di masyarakat umum dan tidak secara resmi dicatat di Kantor Agama (KUA) atau Kantor Pendaftaran Sipil. Dengan kata lain, pernikahan Siri dianggap tidak sah menurut hukum negara. Meski sering menuai polemik karena akan membahayakan perempuan, pernikahan masih dilakukan di masyarakat. Lalu apa istilah pernikahan Siri untuk pria dan wanita, prosedur dan hukum mereka di Indonesia? Ini ulasan lengkapnya.

A. Persyaratan pernikahan Siri untuk pria

  1. Muslim
  2. Pria dan non-transgender
  3. Jangan lakukan pernikahan Siri dalam paksaan
  4. Tidak memiliki 4 istri
  5. Calon istri yang akan menikah bukan Mahram
  6. Perkawinan tidak dilakukan dalam IHRAM atau Umrah

B. Persyaratan Pernikahan Siri untuk Wanita

  1. Muslim
  2. Wanita dan bukan transgender
  3. telah menerima izin pernikahan dari wali yang sah
  4. Mempelai pria bukanlah istri seseorang dan tidak dalam periode Iddah
  5. Calon suami yang akan menikah dengannya bukanlah Mahram
  6. Perkawinan tidak dilakukan dalam IHRAM atau Umrah

C. Hukum Pernikahan Siri.

Jika persyaratan harmonis dan pernikahan telah dipenuhi, pernikahan dianggap sah Islam. Namun, pernikahan Siri dianggap sah di mata hukum negara karena pernikahan tidak dicatat di KUA. Jadi, Anda harus menikah secara resmi sehingga pernikahan Anda legal di mata hukum.

Di sisi lain, hukum pernikahan diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 yang menjelaskan bahwa setiap pernikahan harus dicatat sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, pernikahan SIRI dianggap tidak sah dalam hukum Indonesia karena tidak ada sertifikat pernikahan dan surat resmi yang terkait dengan legalitas pernikahan.

D. Prosedur untuk Pernikahan Siri

Satu hal yang sangat penting sehingga pernikahan Siri itu sah di mata agama adalah adanya izin dari calon penjaga pengantin yang sah, yaitu ayah biologisnya. Jika pernikahan dirahasiakan dari calon keluarga pengantin wanita dan segera menunjuk wali hakim meskipun wali yang sah masih hidup, maka pernikahan itu dianggap dibatalkan.

Prosedur untuk menikah Siri cukup sederhana daripada pernikahan resmi secara umum. Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta izin dari penjaga perempuan yang sah. Setelah mendapatkan izin pernikahan, pastikan ada 2 orang untuk menjadi saksi pernikahan. Kemudian siapkan mahar atau mahar untuk Ijab Kabul. Yang terakhir, pemimpin agama dan orang yang biasa menjadi kecelakaan pernikahan untuk melakukan Kabul Ijab.

Nah, sekarang Anda sudah tahu persyaratan, prosedur dan hukum pernikahan? Meskipun itu cukup sederhana, tetapi Anda harus menikah secara resmi di KUA sehingga pernikahan Anda dilindungi secara hukum.

Itulah syarat pernikahan dengan Siri untuk pria dan wanita, prosedur dan hukum di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Postingan populer dari blog ini

Jasa Nikah Siri Jakarta 100% Terpercaya Lengkap Dg Suratnya

Jasa Nikah Siri Magelang 100% Terpercaya Lengkap Dg Suratnya